5 Tips Jitu Tembus Universitas Terbaik Amerika

Ketika sudah di masa akhir SMA, banyak murid yang merasa gelisah. Pasalnya mereka masih belum terpikirkan harus lanjut ke universitas mana. Padahal pilihan universitas sudah sangat banyak, entah itu luar ataupun dalam negeri. Banyak murid yang bermimpi untuk melanjutkan sekolahnya ke luar negeri. Hal tersebut bukan sekedar mimpi jika Anda memang benar-benar ingin menggapainya. Untuk itu kami ada sedikit tips terjitu agar Anda dapat menembus universitas terbaik di Amerika.

Tips Sederhana Agar Masuk Universitas Amerika

Hanya siswa pilihan yang berhasil masuk ke Universitas terbaik Amerika. Namun jangan khawatir, karena Anda dapat menjadi salah satu siswa yang terpilih nantinya. Untuk mempermudah jalan Anda memasuki universitas terbaik Amerika, maka ada tips-tips khusus yang perlu diterapkan.

  • Mempersiapkan kebutuhan dengan baik

Persaingan di universitas dalam negeri pun sudah sulit, apa lagi persaingan di Amerika. Di sana terdapat banyak siswa dengan nilai unggul, jadi persaingan akan lebih ketat bagi Anda. Untuk itu Anda perlu menyiapkan beragam kebutuhan dengan sebaik mungkin. Kebutuhan yang kami maksudnya itu seperti nilai rapor per semester, kemudian nilai TOEFL atau IELTS-nya, nilai tes SAT/ACT-nya dan lain-lain. Usahakan Anda benar-benar berusaha agar memiliki nilai terbaik selama di bangku SMA.

  • Cari bakat terpendam

Mengapa ini harus dilakukan? Pasalnya ketika Anda memiliki bakat yang tidak dimiliki orang lain, maka universitas bergengsi pun akan meliriknya. Bahkan universitas bergengsi Amerika pun akan menjadikan bakat terpendam tersebut sebagai nilai plus. Ketika Anda memiliki nilai plus di mata universitas, peluang masuk pun menjadi lebih besar. Sebagai contoh jika Anda suka komputer dan ternyata bakat dalam komputer, teruslah gali kemampuan tersebut. Dengan begitu Anda akan sampai di satu titik yang membanggakan nantinya.

  • Membuat essay

Essay adalah cara terbaik untuk menceritakan diri sendiri. Untuk itu Anda harus jujur terhadap diri sendiri. Dengan melalui essay, Anda berkesempatan untuk memperkenalkan sekaligus menjelaskan tentang bagaimana diri kita. Setelah membaca essay, maka tim admission pun menjadi lebih yakin untuk memasukkan Anda ke universitas.

  • Berani bermimpi tinggi

Sebagai anak milenial, tentu harus memiliki mimpi yang tinggi. Ketika memiliki mimpi yang tinggi, maka Anda dapat menjadi seseorang yang lebih sukses dari orang lain. Kemudian ketika sudah memiliki mimpi, apa pun caranya pasti akan dilakukan demi mencapai tujuan tersebut. Untuk itu Anda harus konsisten serta persisten agar dapat mencapai keinginan masuk ke universitas Amerika.

  • Berdoa

Trik jitu terakhir yang benar-benar tak boleh dilewatkan adalah berdoa. Ketika Anda sudah melakukan beragam hal namun tidak diselipkan doa di dalamnya, maka persiapan tersebut menjadi sia-sia. Untuk itu demi tercapainya cita-cita, Anda harus lebih rajin berdoa. Dengan begitu niatan yang dimiliki akan lebih mudah dicapainya.

Sejumlah Persiapan Sebelum Kuliah Ke Luar Negeri

Meskipun banyak siswa yang berhasil kuliah ke luar negeri, namun jangan menganggapnya simple. Pasalnya persiapan yang harus dilakukan justru semakin banyak. Untuk itu Anda perlu menyiapkannya dari sekarang. Untuk yang pertama, Anda harus mencari informasi selengkap mungkin. Pasalnya program kuliah ke luar negeri itu banyak dan memiliki tingkat kesulitan masing-masing.

Jika Anda tidak ingin menerjunkan diri ke dalam persaingan yang terlalu ketat, maka carilah program yang sesuai kemampuan. Dengan begitu Anda jadi lebih mudah menembus universitas yang diinginkan. Kemudian ketika kuliah ke luar negeri pun terdapat sejumlah program. Anda dapat memilih program secara bebas. Misalkan, jika ingin memiliki 2 gelar sekaligus, gelar di luar negeri dan di Indonesia maka ada program yang menyediakannya.

Jadi pintar-pintar Anda dalam menentukan program ketika akan kuliah nantinya. Persiapan kedua, Anda harus jauh-jauh hari dalam mencari informasi. Mulai dari info pendaftaran dan penutupan. Kemudian apa saja yang diperlukan dalam proses pendaftaran pun penting diketahui. Bahkan Anda juga perlu mencari tahu apakah universitas tersebut dapat transfer kredit atau tidak. Ketika Anda menemukan program seperti ini, maka akan sangat menguntungkan.

Misalkan Anda belajar selama 1 semester di universitas asing, kemudian sewaktu-waktu ingin pindah ke universitas Indonesia. Hal tersebut sangat bisa dilakukan, jadi Anda tidak perlu menunggu sampai masa study-nya berakhir. Beberapa orang pun tertarik untuk melakukan transfer kredit ketika sudah merasa bosan hidup di Negara asing. Bahkan tahun 2015 pun sudah ada sekitar 700 mahasiswa yang melakukan transfer kredit untuk 1 semester.

Bahkan program ini juga sangat didukung oleh dikti. Untuk ke depannya, dikti akan menargetkan 1000 mahasiswa yang melakukan transfer kredit. Jadi, apakah Anda berminat? Jika berminat maka cari informasi lengkapnya melalui berbagai web. Akan lebih baik cari di web dikti dan kontak customer service yang disediakan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan informasi lebih lengkap dan akurat.