6 Hal Wajib Ditanamkan Pada Anak Usia Dini

Memiliki anak yang berpendidikan tentu sangat membanggakan. Ketika anak terdidik dengan baik, tentu akan memiliki masa depan cerah. Untuk itu sebagai orang tua, cobalah untuk memberikan pendidikan sejak dini. Dengan begitu sang anak akan menjadi pribadi yang lebih baik ketika sudah memasuki bangku sekolah nantinya. Sekarang di berbagai kota telah disediakan PAUD dan TK. Anak yang baru berumur 2 tahun saja sudah dapat dimasukkan ke dalam PAUD. Dengan begitu pengetahuan dan pemahaman anak jadi lebih luas dibanding anak lain seusianya.

Hal-hal Sederhana yang Harus Diajarkan Pada Anak

Banyaknya orang yang tidak memiliki moral karena selama masa sekolahnya tidak mendapatkan pendidikan karakter. Sebagian orang tua dahulu mungkin kurang memahami tentang pendidikan karakter. Namun sebagai orang tua yang cerdas, tentu harus memahami pendidikan karakter. Selain diajarkan di sekolah, orang tua juga harus ikut mengajarkan hal-hal sederhana yang akan membuat karakter anak semakin baik.

  • Ketakwaan

Poin paling utama yang harus diajarkan kepada anak adalah ketakwaan. Ketika anak sudah mengenal Allah dan selalu melaksanakan perintah dan menghindari perintah-Nya, maka jalan ke depannya menjadi lebih baik. Anak tidak akan terpelosok ke lubang yang tidak seharusnya, dan pasti sukses membangun Negara.

  • Mandiri

Terlalu memanjakan anak itu memang dilarang. Untuk itu Anda hanya perlu memanjakannya dengan wajar. Dengan begitu anak akan tumbuh sebagai pribadi yang mandiri dan tidak bergantung pada orang tuanya. Begitu pula ketika menghadapi masalah, mereka akan lebih kuat menghadapinya.

  • Jujur

Kejujuran adalah harga mati. Jika sejak dini saja telah diajarkan hal-hal yang tidak jujur, ketika dewasa akan tumbuh menjadi orang yang mudah tergiur. Sebagai contoh ketika di lingkungan kerja, orang yang tidak jujur kemungkinan besar akan melakukan korupsi. Mereka akan mengambil uang yang bukan miliknya untuk kesenangan diri sendiri.

  • Peduli

Sikap kepedulian terhadap sesama memang sudah semakin jarang dirasakan, terutama bagi anak-anak milenial. Untuk itu Anda harus segera menghentikannya dengan memberikan masukan dan pendidikan karakter. Pasalnya ketika kepedulian hilang, bangsa Indonesia jadi rusak dan saling terpecah belah.

  • Disiplin

Ketika kedisiplinan sudah mulai memudar, maka bangsa Indonesia akan tertinggal dari bangsa lainnya. Untuk memajukan bangsa, anak-anak sejak dini wajib diajarkan kedisiplinan. Sebenarnya melatih anak agar memiliki kepribadian yang disiplin adalah hal mudah. Di sekolah pun kedisiplinan telah diajarkan, melalui sanksi ketika telat berangkat ke sekolah, sanksi ketika tak mengerjakan pekerjaan rumah dan sebagainya.

  • Bertanggungjawab

Indonesia sangat membutuhkan bangsa yang bertanggungjawab. Sehingga setiap orang tidak akan melakukan hal yang tak sesuai aturan. Orang yang bertanggungjawab tentu merasa takut jika harus melanggar aturan, karena mereka memikirkan resikonya. Untuk itu latihlah sikap tanggung jawab terhadap anak, dengan begitu mereka akan tumbuh sebagai seseorang yang sukses.

Pentingnya Pendidikan Di Usia Dini

Pendidikan di usia dini memang penting dilakukan, karena hal tersebut akan memberikan kesuksesan hidup sang anak. Ada beberapa alasan, mengapa anak-anak zaman sekarang harus diberikan pendidikan ketika usianya masih dini. Pertama, untuk membentuk jiwa pembelajar. Ini sering diterapkan dalam dunia PAUD. Jadi anak-anak akan tumbuh sebagai seseorang yang tidak sombong dan selalu ingin belajar.

Alasa kedua, agar dapat bersosialisasi dengan baik. Banyak anak yang ketika masuk sekolah tidak aktif dalam bersosialisasi. Bahkan untuk berbicara di depan kelas pun gemetar dan tidak dapat berkata-kata. Itulah yang harus dirubah, jika banyak anak yang tidak mampu berbicara di depan umum, maka bangsa Indonesia yang berjiwa pemimpin akan segera punah. Alasan ketiga, agar dapat melatih konsentrasi.

Ketika dewasa nanti pasti masalah silih berganti, terutama jika sudah memasuki dunia kerja. Untuk menyelesaikan masalah, konsentrasi sangat dibutuhkan. Namun nyatanya pekerja yang dapat berkonsentrasi hanyalah segelintir, sisanya hanya mengandalkan emosi. Karena itulah pendidikan usia dini penting agar dapat melatih konsentrasi sang anak.