Pendidikan Karakter Untuk Menciptakan Bangsa Berkualitas

Pendidikan karakter akan berorientasi pada pembentukan pribadi sebagai manusia utuh. Saat ini pendidikan yang sangat dibutuhkan oleh anak adalah pembelajaran dengan suasana demokratis, manusiawi, menyenangkan, adil dan pastinya membangkitkan minat untuk terus belajar. Dengan begitu maka sang anak akan terangsang untuk mengeluarkan inspirasi, kreasi dan juga imajinasi.

Secara tidak langsung, para pendidik akan mengedepankan aspek kognitif. Dimana saat ini aspek kognitif sudah sangat membunuh karakter bangsa. Dengan diberikan pendidikan karakter, diharapkan karakter bangsa dapat berkembang jadi lebih baik. Sehingga ketika menghadapi masalah pun mereka dapat menanggapinya dengan santai dan dapat menemukan solusi tepatnya.

7 Apek Pendidikan Karakter yang Akan Diberikan

Saat ini hampir setiap sekolah akan menerapkan mata pelajaran berbasis pendidikan karakter. Sehingga selain mengajarkan beragam ilmu pengetahuan, pendidik juga akan mengajarkan beragam ilmu untuk membangun karakter. Berikut beberapa aspek yang akan diberikan dalam pembentukan karakter :

  • Religius

Para pendidik harus dapat mengarahkan muridnya untuk menjadi seseorang yang selalu bertakwa. Dengan begitu segala perintah-Nya akan dilaksanakan dan mampu menjauhkan diri dari semua larangan-Nya. Ketika seseorang bertakwa pada Allah, maka dia akan menjadi seseorang yang bertanggungjawab atas segala hal yang dilakukan selama di dunia. Untuk menanamkan jiwa religius, sekolah akan mengadakan sholat berjamaah dan tadarus bersama.

  • Bertanggung jawab

Para pendidik diwajibkan mengajak muridnya untuk menjadi seseorang yang bertanggungjawab. Sehingga murid pun tidak akan sembarangan dalam melakukan sesuatu, karena mereka mengetahui resiko yang ditanggung. Untuk menanamkan sifat tanggung jawab, maka sekolah akan mengadakan acara seperti pentas seni. Dengan acara pentas seni tersebut maka murid akan bertanggung jawab untuk mengelola kegiatan tersebut.

  • Disiplin

Para pendidik harus dapat menanamkan sifat disiplin ke semua muridnya. Sifat disiplin ini dapat ditanamkan melalui jam masuk sekolah. Pendidik harus senantiasa memberitahu budaya tepat waktu. Ketika ada murid yang telat datang sekolah harus diberikan sanksi sesuai tata tertib yang telah dibuat. Dengan begitu murid pun akan diajarkan disiplin, kemudian terbiasa di kehidupan sehari-harinya.

  • Jujur

Kejujuran menjadi sifat yang sangat langka. Inilah yang harus benar-benar ditekankan kepada setiap bangsa. Para pendidik harus memberikan contoh kejujuran kepada muridnya. Ketika kejujuran telah diajarkan oleh pihak sekolah, murid pun jadi enggan untuk berbohong dan akhirnya terbiasa jujur. Bahkan sekarang fokus utama seluruh sekolah dalam pendidikan karakter yaitu, mengaplikasikan kejujuran dalam setiap harinya. Sehingga di kemudian hari tidak ada anak bangsa yang melakukan korupsi, nepotisme dan kolusi.

  • Sopan

Kesopanan juga menjadi hal yang perlu diterapkan oleh setiap pendidik. Ketika dapat berlaku sopan di depan orang lain, tentu orang lain pun menjadi segan terhadap diri kita. Untuk menanamkan karakter kesopanan ini, maka pendidik harus dapat memberikan contoh secara langsung. Kemudian ketika ada murid yang tidak sopan pun harus diberikan teguran dan juga nasehat melalui cara yang baik. Dengan begitu lambat laun murid akan lebih paham.

  • Peduli

Pribadi yang peduli terhadap orang lain memang harus dilatih sejak dini. Pasalnya sekarang kebanyakan orang sudah kehilangan rasa peduli terhadap sesama. Bahkan sekalipun melihat orang lain atau saudara kesulitan pun enggan membantu. Padahal jika bangsa Indonesia memiliki kepedulian terhadap sesama, pasti Indonesia jauh lebih maju dari sekarang.

  • Pekerja keras

Banyak anak yang malas-malasan dan kerajaannya hanya mengandalkan orang tua dalam mendapatkan uang. Padahal pribadi seperti itu harus dibuang jauh-jauh. Bahkan tidak hanya mendidik anak supaya menjadi orang pekerja keras, pendidik juga harus menanamkan karakter yang cerdas, dan ikhlas. Sehingga ketika kerja keras diimbangi dengan keikhlasan akan membuahkan hasil terbaik.

Penyebab Rusaknya Karakter Bangsa

Jika Anda memahami ke pemerintahan saat ini, sebenarnya itu telah mengindikasikan bahwa karakter bangsa rusak. Banyak sekali kasus tambang yang menghabiskan kekayaan Indonesia tanpa memikirkan lingkungan. Sehingga lingkungan sekitar pertambangan pun menjadi sangat rusak dan menimbulkan beragam bencana. Selain itu kasus suap dan korupsi juga semakin banyak ditemukan.

Bahkan tidak hanya di kalangan pejabat, karyawan biasa pun banyak yang melakukan hal tersebut.  Penyebab rusaknya karakter bangsa sebenarnya hanya ada satu, yaitu karena mereka tidak mendapatkan pendidikan karakter ketika masih sekolah. Apabila sejak dini dididik dengan orientasi karakternya, pasti akan menciptakan bangsa berkualitas. Oleh karena itu sangat penting bagi para orang tua untuk memilih sekolah terbaik bagi putra dan putri.

Sehingga kelak putra dan putri Anda akan menjadi sesosok orang yang berkualitas dan mampu membangun Indonesia. Ketika putra dan putri Indonesia memiliki karakter baik, maka korupsi, nepotisme, dan kolusi tidak pernah terjadi. Sikap yang diperlihatkan oleh putra dan putri Anda pun sangat menyenangkan, karena lebih sopan, peduli kepada sesama dan bertakwa.